
Mengasah Kemampuan Memahami Narrative Text: Contoh Soal untuk SMP Kelas 2
Pendahuluan
Narrative text atau teks naratif adalah salah satu jenis teks yang umum dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, terutama di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teks ini bertujuan untuk menghibur pembaca melalui sebuah cerita yang memiliki urutan peristiwa, tokoh, latar, dan pesan moral. Bagi siswa kelas 2 SMP, pemahaman narrative text menjadi fondasi penting untuk mengembangkan kemampuan membaca, memahami struktur teks, dan menganalisis unsur-unsur cerita.
Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang narrative text, struktur umumnya, serta memberikan contoh-contoh soal yang relevan untuk siswa kelas 2 SMP. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami bagaimana cara menganalisis dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan narrative text, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara keseluruhan.

Apa Itu Narrative Text?
Narrative text adalah jenis teks yang menceritakan suatu kisah atau kejadian. Tujuan utamanya adalah untuk menghibur pembaca atau pendengar. Narrative text dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti cerita rakyat, legenda, fabel, dongeng, novel, film, dan lain sebagainya.
Ciri-Ciri Narrative Text:
- Mengandung Unsur Intrinsik: Teks naratif memiliki unsur-unsur intrinsik seperti tokoh (characters), latar (setting), alur (plot), konflik (conflict), dan tema (theme).
- Menggunakan Urutan Waktu (Chronological Order): Peristiwa dalam cerita disajikan secara berurutan dari awal hingga akhir.
- Menggunakan Kata Kerja Lampau (Past Tense): Karena menceritakan kejadian di masa lalu, narrative text umumnya menggunakan kata kerja bentuk lampau (past tense).
- Memiliki Tujuan Hiburan: Tujuan utama dari narrative text adalah untuk menghibur pembaca atau pendengar.
- Struktur Teks yang Khas: Narrative text memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi, resolusi, dan (opsional) reorientasi.
Struktur Narrative Text
Struktur narrative text umumnya terdiri dari:
- Orientation (Orientasi): Bagian ini memperkenalkan tokoh, latar (tempat dan waktu), dan suasana cerita. Pembaca diberikan informasi awal yang penting untuk memahami cerita.
- Complication (Komplikasi): Bagian ini memunculkan masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh utama. Konflik ini menjadi inti dari cerita dan mendorong alur cerita ke depan.
- Resolution (Resolusi): Bagian ini menunjukkan bagaimana masalah atau konflik dipecahkan atau diselesaikan. Resolusi dapat berupa akhir yang bahagia (happy ending) atau akhir yang menyedihkan (sad ending).
- Reorientation (Reorientasi): Bagian ini bersifat opsional dan berisi pesan moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari cerita. Reorientasi memberikan refleksi atau kesimpulan dari cerita.
Contoh Soal Narrative Text untuk SMP Kelas 2
Berikut adalah beberapa contoh soal narrative text yang dirancang untuk siswa kelas 2 SMP, beserta dengan analisis jawaban dan strategi menjawabnya:
Teks:
The Mouse Deer and The Crocodile
One day, a mouse deer was walking by the river. He was very thirsty. He wanted to drink, but he knew that the crocodile lived in the river. He was afraid that the crocodile would eat him if he drank.
He had an idea. He said loudly, "I wonder if the water is warm. I’ll put my leg in and find out."
Of course, he didn’t put his leg in the river. He picked up a stick and put one end of it in the water.
"Hello?" said a crocodile, rising to the surface. "Who are you? What are you doing?"
"I am the mouse deer," said the mouse deer. "I am checking the depth of the river for the king. He wants to cross the river, and he needs to know if it is safe."
"Oh, really?" said the crocodile. "Well, I can help you. I know all the shallow places. Just jump on my back, and I’ll take you across."
The mouse deer jumped onto the crocodile’s back. The crocodile began to swim across the river.
As they swam, the mouse deer counted, "One, two, three, four…"
"What are you doing?" asked the crocodile.
"I am counting how many crocodiles there are in the river," said the mouse deer. "The king wants to know how many crocodiles he has to pay."
The crocodile was very angry, but he kept swimming. When they reached the other side, the mouse deer jumped off the crocodile’s back and ran into the forest.
The crocodile was very angry. He knew that the mouse deer had tricked him.
Soal:
-
What is the main idea of the text?
- a. The mouse deer wanted to drink water.
- b. The mouse deer tricked the crocodile to cross the river.
- c. The crocodile wanted to eat the mouse deer.
- d. The king wanted to cross the river.
-
Why was the mouse deer afraid to drink from the river?
- a. The water was too cold.
- b. The river was too deep.
- c. The crocodile lived in the river.
- d. He didn’t like the taste of the water.
-
What did the mouse deer use to check the temperature of the water?
- a. His leg.
- b. A rock.
- c. A stick.
- d. His tail.
-
What was the mouse deer counting while on the crocodile’s back?
- a. The number of steps.
- b. The number of crocodiles.
- c. The number of trees.
- d. The number of fish.
-
How did the crocodile feel at the end of the story?
- a. Happy.
- b. Sad.
- c. Angry.
- d. Surprised.
-
What is the moral of the story?
Kunci Jawaban dan Pembahasan:
-
Jawaban: b. The mouse deer tricked the crocodile to cross the river.
- Pembahasan: Pilihan ini paling akurat karena merangkum inti cerita tentang bagaimana mouse deer menggunakan kecerdikannya untuk menyeberangi sungai dengan menipu buaya.
-
Jawaban: c. The crocodile lived in the river.
- Pembahasan: Teks secara eksplisit menyatakan bahwa mouse deer takut karena buaya tinggal di sungai dan bisa memakannya.
-
Jawaban: c. A stick.
- Pembahasan: Mouse deer menggunakan tongkat untuk berpura-pura menguji suhu air.
-
Jawaban: b. The number of crocodiles.
- Pembahasan: Mouse deer berbohong kepada buaya bahwa ia menghitung jumlah buaya untuk raja.
-
Jawaban: c. Angry.
- Pembahasan: Bagian akhir cerita menyatakan bahwa buaya sangat marah karena ditipu.
-
Moral of the story: Kecerdikan dapat membantu kita mengatasi masalah, tetapi penting untuk diingat bahwa menipu orang lain dapat memiliki konsekuensi.
Strategi Menjawab Soal Narrative Text:
- Baca Teks dengan Seksama: Baca teks secara keseluruhan untuk memahami alur cerita, tokoh, dan latar.
- Identifikasi Unsur Intrinsik: Perhatikan tokoh, latar, konflik, dan tema cerita.
- Pahami Pertanyaan: Baca pertanyaan dengan cermat dan pastikan Anda memahami apa yang ditanyakan.
- Cari Jawaban dalam Teks: Cari informasi yang relevan dalam teks untuk menjawab pertanyaan. Jangan membuat asumsi yang tidak didukung oleh teks.
- Eliminasi Pilihan yang Salah: Jika Anda tidak yakin dengan jawaban yang benar, coba eliminasi pilihan yang jelas-jelas salah.
- Perhatikan Kata Kunci: Perhatikan kata kunci dalam pertanyaan dan teks untuk membantu Anda menemukan jawaban yang tepat.
- Tulis Jawaban dengan Jelas dan Ringkas: Jawab pertanyaan dengan jelas dan ringkas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kesimpulan
Memahami narrative text adalah keterampilan penting bagi siswa SMP kelas 2. Dengan memahami struktur teks, unsur-unsur cerita, dan strategi menjawab soal, siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa Inggris secara keseluruhan. Latihan yang teratur dengan berbagai jenis narrative text akan membantu siswa menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi soal-soal ujian dan mengembangkan kecintaan pada membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan pemahaman tentang narrative text.